10 Makanan Khas Gresik yang Nikmat dan Lezat




            Hello Kupasers ! Buat kamu yang mau jalan-jalan ke gresik , kurang mantab kalau tidak mencoba salah satu makanan yang khas dan gurih di gresik loh...:D . Makanan Khas Gresik tak kalah sedapnya dengan daerah lain. daerah yang terletak di salah satu kabupaten Jawa Timur ini memiliki berbagai kuliner yang patut dicoba.

            Kota yang dijuliki kota wali itu tidak hanya menyediakan kuliner yang enak dan unik tapi juga ada yang bisa dibawa sebagai buah tangan. Di sini banyak makanan yang unik-unik bahkan belum pernah didengar sebelumnya. Ada makanan ringan dan makanan berat. Semua sama sedapnya. Selain itu, hiburan yang asik membuat berburu kuliner di kota ini jadi menyenangkan

Berikut 10 menu makanan nikmat dan lezat yang ada di Gresik ;

1. Nasi Krawu Gresik

            Nasi ini sebenarnya sering ditemui di daerah Jawa Timur. Kuliner dengan lauk yang banyak ini menjadi favorit di Jawa Timur. Nah, di Gresik pun kamu juga akan menemui kuliner ini. Nasi dengan lauk suwiran daging sapi, sambal, serundeng, dan taburan bawang goreng selalu menjadi incaran wisatawan. Penyajian yang masih tradisional dengan daun pisang ini pun menambah cita rasa juga.

            Nasi krawu Gresik tentu berbeda dengan nasi krawu lainnya. Yakni menggunakan nasi pulen dan varian lauknya lebih banyak. Ada belut, babat, tahu goreng, telur, semur usus sapi, dan lainnya. Satu porsi nasi krawu ini mulai dari 18 ribu rupiah. Nasi krawu cocok dimakan sebagai makan siang, karena porsinya mengenyangkan. Cukup memberi tenaga untuk menyusuri kota Gresik.

2. Sego Roomo

            Selanjutnya ada Sego Roomo. Makanan ini jarang terekspose, tetapi jika berkunjung ke Gresik jangan lupa untuk mencoba menu panganan ini. Sego Roomo yang asli dapat diperoleh di Desa Roomo, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik. Di sana nasi ini dikeluarkan.

            Isaian dari Sego Roomo adalah nasi, sayur-sayuran, kuah kuning yang disebut dengan Roomo. Lalu ditaburi dengan kelapa di atas dan parutan kelapa serta sambal. Meski namanya sego (nasi), namun ada yang menjual Sego Roomo dengan lontong.

            Cara penyajian Sego Roomo ini dibungkus dengan daun pisang. Harga dari makanan ini pun murah, yaitu 10 ribu saja. Sego Roomo bisa mulai dari jam 10.00 WIB hingga 17.00, jadi tidak perlu takut kehabisan, karena makanan ini buka sampai sore.

3. Sego Karak

            Karak Sego merupakan makanan tradisional asli Gresik. Makanan tradisional ini jarang dijual. Namun, jangan bersedih. Di daerah Gresik bagian utara masih bisa bertemu nasi ini. Nasi karak ini berisi nasi merah yang disajikan dengan parutan kelapa, serundeng, dan lauk tempe. Menunya sangat sederhana, namun makanan ini sangat digemari oleh masyarkat dan selalu dicari oleh wisatawan.

            Makanan Khas Gresik yang enak ini hanya bisa ditemui di pagi hari. Tentunya kuliner ini bisa dibuat sarapan. Harganya pun terjangkau, cuma 12 ribu rupiah . Nasi karak pun ada dua jenis, yaitu nasi karak putih dan nasi karak hitam.

            Nasi karak putih ini berasnya ditambahi garam, sirih dan sedikit air kapur kemudian ditanak. Kemudian nasi karak hitam, berasnya dicampur dengan ketan hitam agar lebih hitam dan diberi garam. Nah, kamu makin penasaran kan bagaimana rumitnya nasi karak ini ? 

4. Sego Menir

            Ada makanan yang namanya anti-mainstream di Gresik. Yaitu sego menir. Makanan yang jarang didengar ini rupanya menjadi favorit warga Gresik. Sego menir merupakan makanan sederhana, Nama "menir" ini merupakan kuah bening dari beras kecil-kecil yang digerus halus.

            Makanan Khas Gresik yang enak ini menjadi sorotan wisatawan. Banyak wisatawan yang belum tahu makanan apa itu. Sajiannya berupa nasi, kangkung, sambal, gorengan, dan kuah bening ini memang sepintas biasa saja.Tapi rasanya enak, enak saja enak.

            Bumbu lain dari makanan ini adalah kunci, putih dan putih. Enak rasanya enak, tidak biasa kuah bening. Uniknya menggunakan beras kecik-kecil yang digerus, kuah tidak keruh, tetap bening.Kuliner ini bisa ditemui di pagi hari, dan biasa untuk sarapan.

5. Martabak Usus

            Kebinguan malam-malam di Gresik pengen makan apa? Seharusnya sudah malam mau makan yang tidak berat. Sekedar ganjal saja. Nah, kamu bisa mencoba martabak unik di Gresik. Namanya adalah martabak usus.

            Sebagian bahan matabak adalah potongan daging sapi. Namun di Gresik kamu dapat menemukan martabak yang mengandung usus ayam. Usus ayam dipotong kecil-kecil dihapus makaroni lalu dimasukan ke adonan martabak.

            Istrimewanya, usus sudah diberi bumbu petis pedas. Inilah yang membuat martabak diburu wisatawan. Bahan campuran lain adalah bihun, daun bawang, dan telur. Serelah itu digoreng. Penyajiannya pun masih memiliki saus petis di atas martabak tadi.

            Harga dari martabak usus murah saja, hanya 3 ribu rupiah perporsinya. Untuk mendapatkan martabak ini pun harus rela antri, sebab banyak peminat dari makanan khas Jawa Timur nan lezat itu.

6. Bandeng Sapit

            Berbeda dengan olahan bandeng lainnya, bandeng sapit diolah dengan cara dibakar dan diberi bumbu rempah. Sayangnya bandeng sapit tidak bisa dikonsumsi oleh-oleh, makanan ini harus dimakan saat itu juga.

            Bandeng sapit khas gresik memiliki bumbu yang khas. Yakni kencur, kunyit, ketumbar, kemiri, bawang merah dan bawang putih.Yang dimasak menggunakan santan hingga menjadi sosis yang dilumuri ke ikan bandeng.

            Bumbu tadi lumuri di atas bandeng yang belum dibakar. Setelah itu bakar bandeng hingga matang. Saat dikeluarkannya dari bakaran bandeng ini kerap bikin turis tergiur buat beli.Sebab aromanya enak bikin perut lapar.

            Pembakarannya pun masih menggunakan arang, sehingga semakin khas aroma bandeng itu. Harga satu porsi bandeng sapit sekitar 26 ribu rupiah. Dimakan selepas dari panggangan dan masih hanggat tentu saja lebih menggugah selera. Makanan Khas Gresik terbaru ini selalu habis diburu.

7. Otak-otak Bandeng Gresik

Resep Otak-Otak Bandeng

            Tidak hanya ditemui di Sidoarjo saja, Gresik juga punya otak-otak Bandeng. Banyak wisatawan yang jatuh cinta pada makanan ini karena memang enak dan gurih.Otak-otak bandeng menjadi primadona bagi para wisatawan dan masyarakat karena olahan bandeng ini unik. 

        Bandeng ini biasa dimasak dengan digoreng atau direbus kemudian diberi bumbu kacang. Untuk mendapatkan otak-otak bandeng ini sedikit mergoh kocek. Harganyanya mulai dari 50 ribu rupiah. Namun tidak perlu khawatir, satu otak-otak bandeng bisa dinikmati hingga tiga orang jika disiapkan dan dibuat lauk.

8. Kotokan Bandeng

            Lagi-lagi ada olahan Bandeng. Lagi lagi dan lagi lagi. Kotokan bandeng merupakan makanan yang diolah dengan cara diberi belimbing wuluh. Kotoakan bandeng ini dimasak dengan cara diberi santan dan belimbing wuluh. 

            Mengonsumsi rasa, asam dan manis. Paling enak kalau dipadu dengan nasi pulen hangat. Tenang saja, tidak berhasil dengan bandeng, karena bandeng ini menggunakan bandeng besar.Yang mana duri bandeng besar mudah untuk ditempatkan.

9. Wedang Pokak

            Minuman asli Gresik yang bernama wedang pokak. Minuman ini biasa dinikmati saat bulan Ramadhan. Seperti selepas tarawih, wedang ini diminum bersama keluarga.Namun, sekarang juga ada yang menjualnya setiap hari.

            Wedang ini warnanya merah tua. Rasanya pun pedas. Semua minuman ini merupakan minuman terpedas di seluruh Jawa. Minuman ini sangat menghangatkan badan. Banyak rempah yang digunakan untuk membuat minuman ini.

            Ada jahe, pada, dan bumbu yang tidak biasa dicampur ke minuman. Yakni ada merica di dalam wedang ini. Oleh sebab itu rasanya jadi pedas dan panas. Minumanan ini cocok diminum saat malam hari. Wedang ini mampu menambah energi bagi tubuh.

10. Es Siwalan

            Siang-siang kepanasan di Gresik ?, jangan ragu untuk membeli es siwalan. Minuman khas Gresik Terbaru ini mudah didapat di sepanjang kota Gresik.  Es siwalan tentu berbahan dasar buah siwalan. Yakni semacam buah lontar, beri legen, gula merah, dan daun pandan. Terdengar segar bukan ? Minuman ini cocok diminum siang hari, Es siwalan pun diberi gula jawa atau sirup. Minuman ini berharga juga murah, mulai dari 10 ribu rupiah sudah bisa didapat kesegaran alami dari buah Siwalan.

Thanks

Previous Post Next Post