Penuhi Tubuhmu dengan Vitamin dan Mineral Penting


               Hello Kupasers ! Bicara soal ilmu kesehatan , tidak luput dengan anjuran dasar untuk mengkonsumsi berbagai makanan dan buah buahan yang mengandung vitamin dan mineral . Hal itu memang sudah paten dan memang kita diwajibkan untuk memperkuat daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit. Sistem imun tubuh memiliki peran dalam menjaga kesehatan tubuh agar terhindar dari bakteri dan virus. 
               Namun, kebiasaan dan gaya hidup yang buruk ditambah dengan padatnya aktivitas justru dapat menurunkan sistem imun tubuh. Agar tubuhmu mendapatkan jumlah vitamin dan mineral kamu harus memperhatikan pola makan seimbang.
                
               Yuk sob !, mulai sekarang kenali dan lakukan pola makan yang baik dan seimbang. berikut ini kamu bisa ambil referensi vitamin dan mineral apa saja yang penting dan dapat meningkatkan imun atau daya tahan tubuh kamu ;

1. Vitamin A

        
               Seperti kebanyakan orang mengatakan bahwa vitamin A baik untuk penglihatan, Akan tetapi, sebenarnya vitamin A juga memiliki manfaat tambahan seperti menjaga kulit dan pertumbuhan rambut.
Vitamin A juga dikenal sebagai anti-inflamasi yang berguna untuk menjaga sistem imun tubuh.
Contoh makanan yang mengandung banyak vitamin A yaitu ; Wortel,  ubi-ubian, telur, mangga, dan susu.

2. Vitamin B6



               Vitamin B6 termasuk kedalam kelompok vitamin B .Adapun fungsinya  yaitu merubah makanan menjadi energi bagi tubuh.Dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B6, tubuh akan memproduksi sel darah merah yang akan membawa oksigen ke seluruh tubuh dan membantu untuk meningkatkan imun tubuh. Contoh makanan yang mengandung vitamin B6 yaitu ; Ayam, tuna, salmon, kentang, dan pisang.

3. Vitamin C


               Penelitian menunjukkan bahwa selain meningkatkan daya tahan tubuh, vitamin C juga membantu pertumbuhan sekaligus memperbaiki jaringan-jaringan tubuh yang rusak.Vitamin C juga dinilai yang paling efektif dalam menjaga imun tubuh dari segara serangan virus dan bakteri. Contoh makanan yang mengandung banyak vitamin C yaitu; Jeruk, kiwi, paprika, brokoli dan bayam.

4. Vitamin D


               Selain menjaga dan meningkatkan sistem imun , Vitamin D juga ternyata berfungsi untuk pertumbuhan tulang. Untuk mendapatkan nutrisi Vitamin D juga tidaklah sulit. Dengan kamu sering berjemur di bawah sinar matahari sekitar pukul 8-11 pagi secara rutin ,kamu sudah bisa merasakan manfaat dari vitamin D . Adapun contoh makanan yang mengandung banyak vitamin C yaitu tuna, sarden, susu kedelai, sereal, keju, dan kuning telur.

5. Vitamin E


               Vitamin E juga dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh , Selain itu, ternyata vitamin E sangat baik untuk kulit . Jadi, buat agar kulit kamu tetap bagus dan kencang kamu bisa mengkonsumsi makanan-makanan yang mengandung vitamin E seperti kacang-kacangan, alpukat dan kuaci.

6. Folat

31 Fungsi dan Manfaat Asam Folat untuk Wanita dan Pria | HonestDocs

               Kacang-kacangan, gandum, dan sayuran berwarna hijau merupakan sumber folat terbaik yang dapat kamu tambahkan sebagai menu makanan sehari-hari. Daging ayam dan sapi mengandung zat besi tinggi yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

7. Zat besi


               Zat besi berguna untuk memproduksi sel darah merah yang digunakan untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh. Kamu  perlu memeriksa jumlah sel darah merah di dalam tubuh, apabila kamu memiliki jumlah sel darah merah dibawah batas normal maka organ dan jaringan pada tubuh tidak akan mendapatkan oksigen yang cukup.Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya kamu mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi seperti daging ayam, sapi, ikan, sayur bayam, dan brokoli.

8. Zinc


               Agar kamu tidak mudah sakit , sebaiknya kamu memperhatikan kecukupan dari nutrisi Zinc yang ada pada tubuh. Zinc berguna untuk memperkuat sistem imun. Selain itu ,Zinc juga berfungsi menyembuhakn luka-luka karena sel-sel baru yang dihasilkan dapat memperbaiki sel yang rusak.
Cukupi kebutuhan zinc dalam tubuh dengan mengonsumsi daging sapi, kerang, kacang-kacangan, susu, keju, dan gandum.

Demikian  beberapa Vitamin dan mineral yang wajib ada pada tubuh kamu , agar tubuh kamu bisa lebih kuat dari serangan virus dan bakteri . Hidup sehat itu menyenangkan.

Thanks

Previous Post Next Post